GAMBARAN UMUM KABUPATEN SIAK

Wilayah Administrasi

Wilayah Kabupaten Siak terletak pada daratan sisi Timur pulau Sumatera tepatnya di Propinsi Riau, dengan luas wilayah sebesar 8.556,09 km² yang terdiri dari 14 kecamatan dengan Siak Sri Indrapura sebagai ibukota Kabupaten Siak. Secara administratif batas wilayah Kabupaten Siak adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti;
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan;
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru;
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan.

gbr1Secara geografis Kabupaten Siak terletak diantara 1°16’30” LU – 0°20`49“LU dan 100°54’21” – 102°10’59” BT, yang sebagian besar terdiri dari dataran rendah di bagian timur dan sebagian dataran tinggi di sebelah barat. Morfologi Wilayah Kabupaten Siak sebagian besar terdiri dari dataran, dan sebagian kecil terdiri dari perbukitan yang terletak di bagian barat daya. Morfologi dataran mencakup sekitar 60% Wilayah Kabupaten Siak, morfologi perbukitan rendah terdapat dibagian utara, timur dan memanjang dari arah barat laut sampai tenggara, dan morfologi perbukitan tinggi terletak di bagian barat daya wilayah DAS Siak.

gbr2Dengan Luas wilayah 8.556,09 km², Kecamatan Sungai Mandau adalah Kecamatan terluas dengan luas wilayah 1,705.00 km², atau 19.93 % dari luas wilayah Kabupaten Siak. Sedangkan Kecamatan Sabak Auh dengan luas wilayah 73,38 km² merupakan Kecamatan dengan luas terkecil yaitu 0.86 % dari luas wilayah Kabupaten Siak. Untuk lebih jelasnya luas masing masing kecamatan dan porsentasenya terhadap wilayah Kabupaten Siak dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut;

 

gbr3

gbr4

Penggunaan Lahan

Luas lahan Kabupaten Siak menurut penggunaannya pada tahun 2013 dapat dilihat pada Tabel 2. Penggunaan lahan terluas adalah lahan perkebunan yaitu sebesar 200.603 Ha atau sebesar 23,45%.

gbr5

gbr6

gbr7

 

Kependudukan

Pada tahun 2014, Kabupaten Siak mempunyai penduduk sebanyak 491.967 jiwa yang tersebar di 14 Kecamatan, dengan jumlah penduduk tertinggi terdapat di Kecamatan Tualang yaitu sebanyak 133.532 Jiwa dan untuk jumlah penduduk paling sedikit pada wilayah Kecamatan Pusako dengan jumlah penduduk sebanyak 6.732 Jiwa. Jumlah Rumah Tangga Di Kabupaten Siak yaitu sebanyak 120.031 KK. Untuk lebih lengkapnya distribusi penduduk pada tiap Kecamatan di Kabupaten Siak dapat dilihat pada tabel dan grafik di bawah.

gbr8

gbr9

gbr10

gbr11

Pada tahun 2014, kepadatan penduduk rata-rata di Kabupaten Siak yaitu 57 jiwa / Km². Kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi pada wilayah Kecamatan Tualang, Kerinci Kanan, Bunga Raya, dan Sabuk Auh. Sedangkan Kecamatan Sungai Mandau, Kecamatan pusako, dan Kecamatan Mempura memiliki kepadatan penduduk terendah.

Untuk lebih lengkapnya distribusi kepadatan penduduk pada tiap Kecamatan di Kabupaten Siak dapat dilihat pada tabel dan grafik di bawah.

gbr12

gbr13