VISI DAN MISI

Visi RUPM Kabupaten Siak

Visi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten Siak dimana kedudukannya sejajar dengan dokumen perencanaan strategis Kabupaten Siak yang telah dirumuskan seperti di Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Siak 2011-2031 dan dokumen perencanaan strategis lainnya yaitu :

“Memujudkan Penanaman Modal Yang Berdaya Saing, Mandiri Demi Terwujudnya Kabupaten Siak Sebagai Pusat Budaya Melayu di Riau yang Agamis Yang Didukung Agribisnis, Agroindustri Dan Pariwisata Yang maju Dan Menjadi Penggerak Utama Perekonomian Daerah”

Visi jangka menengah lima tahunan Kabupaten Siak, dilandasi oleh analisis kondisi umum daerah yang terjadi pada lima tahun terakhir dan prediksi kondisi umum Kabupaten Siak lima tahun ke depan sebagai berikut:

  1. Suatu tatanan kehidupan masyarakat yang diliputi rasa keselamatan, kesusilaan, kecukupan dan ketentraman lahir dan batin yang memungkinkan setiap anggota masyarakat Kabupaten Siak dapat memenuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan, namun diprediksikan dimasa depan akan terjadi tekanan yang semakin berat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk di Kabupaten Siak. Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang mulal meningkat terhadap kondisi geomorfologi dan lingkungan hidup di Kabupaten Siak pada saat ini, yang mengakibatkan pertumbuhan penduduk dan persaingan untuk mendapatkan sumber daya lahan, sumber daya air dan sumber daya lainnya.
  2. Nilai-nilai dan norma-norma budaya Melayu melekat pada Sumber Daya Manusia Kabupaten Siak, karena itu pengembangannya hendaknya sejalan dengan pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan budaya Melayu dilaksanakan bersamaan dengan pengembangan sumber daya manusia, yakni sejak usia dini kepada anak-anak di Kabupaten Siak, melalui muatan lokal dalam kurikulum pendidikan usia dini, pendidikan dasar pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
  3. Adanya kondisi ekonomi dan sumber daya alam Kabupaten Siak saat ini, yang didominasi oleh lapangan usaha pertambangan sehingga diperlukan suatu perubahan struktur ekonomi yang lebih menjamin kesinambungan kesejahteraan, yaitu struktur yang tidak terlalu tergantung pada sektor pertambangan
  4. Adanya sumbangan PDRB yang dominan dari Sektor Primer, terutama lapangan usaha pertambangan. Namun persentase jumlah penduduk Kabupaten Siak yang terlibat di lapangan usaha pertambangan sangat sedikit. Oleh karena itu perlunya menetapkan kebijakan penanaman modal yang menguntungkan semua pihak yang berorientasi pada pembukaan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan ekonomi yang terintegrasi dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan
  5. Kontribusi PDRB yang kecil dengan jumlah pekerja yang banyak, mengindikasikan bahwa nilai tambah yang dihasilkan masing-masing pekerja sangat kecil sehingga perlu adanya upaya peningkatan kualitas dan produktivitas Sumber Daya Manusia di sektor ini agar nilai tambah yang dihasilkan masing-masing pekerja menjadi besar.
  6. Adanya kondisi sarana dan prasarana Kabupaten Siak yang saat ini cukup baik dalam segi kualitas, walaupun masih kurang dalam segi rasio kuantitas per penduduk, terutama rasio rumah sakit umum per penduduk. Di masa depan diprediksikan rasio jumlah sarana dan prasarana per penduduk di Kabupaten Siak akan semakin kecil akibat tidak sebandingnya pertumbuhan jumlah penduduk dengan pertumbuhan jumlah sarana dan prasarana.
  7. Adanya kondisi Pemerintahan Kabupaten Siak yang saat ini semakin dituntut untuk meningkatkan kinerja dalam segi kualitas pelayanan, keandalan pelayanan, cepat tanggap dalam pelayanan, keyakinan pelayanan, bagi rasa dan perhatian dalam pelayanan. Diprediksikan dimasa depan tuntutan terhadap kinerja pemerintahan akan semakin tinggi.
  8. Membangun sistim dan menciptakan kondisi penanaman modal yang lebih terarah, terpadu, berkepastian hukum, dan berkepastian usaha.

 

Misi RUPM Kabupaten Siak

Berdasarkan misi yang telah ditetapkan oleh RPJMD dan dengan memperhatikan evaluasi pelaksanaan tugas selama ini maupun masukan dari para stakeholder, maka yang ditetapkan sebagai Misi Rencana Umum Penananman Modal Kabupaten Siak adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan perencanaan dan pengembangan penanaman modal sesuai dengan potensi daerah;
  2. Meningkatkan promosi yang berdaya saing dan kerjasama penanaman modal yang tepat sasaran;
  3. Mewujudkan kualitas aparatur yang handal didukung ketersediaan sarana dan prasarana penunjang;
  4. Meningkatkan iklim kondusif yang berdaya saing tinggi sesuai persepsi para stakeholders penanaman modal bagi upaya mempercepat pengembangan dan peningkatan penanaman modal di Kabupaten Siak;
  5. Meningkatkan sistem pelayanan perijinan yang handal dan terpadu berbasis teknologi informasi.
  6. Mendorong pembangunan yang mampu mewujudkan rasa aman dan damai, mampu menampung aspirasi masyarakat yang dinamis, yang menjamin penegakan hukum yang adil, konsekuen, tidak diskriminatif, mengabdi pada kepentingan masyarakat luas